Istilah-Istilah Internet

Bug

Kesalahan (error) pada software atau hardware yang menyebabkan sebuah program tidak dapat berjalan secara sempurna. Seringkali bug ini disebabkan adanya konflik antara dua program yang dijalankan secara bersamaan. Jika bug ditemukan pada software, maka dapat diatasi dengan mengganti program. Namun, jika ditemukan pada hardware, maka harus diganti dengan alat baru.

Ciphertext

Teks yang sudah tersandikan dan tidak mudah terbaca dari hasil proses enkripsi.

Command-driven

Sebuah program yang menerima perintah sesuai dengan yang diketikkan.

Cracker

Orang yang ahli dalam memasuki suatu sistem komputer. Istilah ini mulai digunakan di pertengahan 1980-an oleh para hacker untuk membedakan diri mereka dari orang-orang yang secara diam-diam masuk ke dalam suatu sistem komputer.

CSTA (Computer Supported Telephony Application

Standar internasional untuk penghubung antara server jaringan dan switch telepon (PBX). Diprakarsai oleh Asosiasi Pembuat Komputer Eropa (ECMA).

Defacement

Sering disebut Web Defacement atau Website Defacement, merupakan bentuk dari pengrusakan terhadap suatu situs, bahkan seringkali sangat merusak (termasuk vandalisme). Biasanya berupa penggantian isi suatu situs dengan pesan yang spesifik, misalnya berupa pesan politik atau sosial yang mengganggu dan mengubah situs asli.

Doorway

Dikenal juga dengan istilah doorway page, jump page, entry page atau bridge page. Sebuah halaman web yang khusus digunakan untuk memperoleh posisi teratas dalam pencarian lewat search engine.

Dynamic DNS

Kependekan dari Dynamic Domain System Name, sebuah metode yang menjaga sebuah domain name tetap terhubung dengan IP address yang berubah-ubah.

E-mail client

Software yang digunakan untuk mengelola e-mail. Contohnya: Outlook Express, Eudora, The Bar, Thunderbird, dan sebagainya.

E-mail Forwarding

Proses untuk meneeruskan pesan e-mail ke alamat e-mail lain. Misalnya, jika Anda mengirim e-mail ke alamat A, maka dengan setting (pengaturan tertentu), e-mail ini bisa diteruskan ke alamat e-mail B, dan seterusnya.

Encryption

Proses untukmengubah sebuah pesan atau informasi sehingga tidak dapat dilihat tanpa menggunakan kunci pembuka. Sebuah pesan dalam bentuk plaintext diubah dengan encryption menjadi ciphertext. Proses sebaliknya, untuk mengembalikan ciphertext ke plaintext disebut decryption,

Hacker

Orang yang sangat antusias dan menikmati bahasa pemrograman, sistem komputer, dan bisa dibilang seorang yang ahli di bidang itu.

Mail Server

Server atau lokasi tertentu di Internet yang digunakan untuk menyimpan pesan-pesan e-mail untuk account atau domain tertentu. Jika Anda mengecek e-mail melalui webmail, maka Anda akan dapat mengakses e-mail Anda yang masih tersimpan di mail server. Namun jika Anda mengecek e-mail dengan e-mail client, maka e-mail-e-mail Anda akan di-download dari mail server ke komputer pribadi Anda.

Message Rules atau Message Filter

Sebuah fitur pada program e-mail yang memungkinkan Anda mengatur penempatan pesan-pesan e-mail yang masuk. Misalnya, Anda bisa membuat rule/filter tertentu sehingga semua pesan yang datang dari ISP tertentu dimasukkan ke folder “ISP-ku”, dan seterusnya.

Repository

Database berupa informasi yang berisi aplikasi software, data elemen, author, data masuk, proses, input, dan interrelationship. Dipergunakan dalam sistem aplikasi yang didesain untuk mengidentifikasi obyek berupa data yang dapat dipakai kembali berdasarkan sistem yang diaplikasikan pada repository ini.

Router

Sebuah alat yang berfungsi untuk mengirim paket data melalui jaringan. Sebuah router paling tidak terikat pada dua jaringan, LAN dan WAN, atau LAN dan jaringan dari ISP yang digunakan.

Signature

Salam penutup atau teks tertentu yang secara otomatis akan dilekatkan pada bagian akhir dari pesan e-mail Anda. Pada program e-mail Anda, Anda bisa mengatur apakah salam penutup ini akan otomatis ditampilkan pada setiap e-mail yang dikirim, atau cukup dicantumkan pada e-mail tertentu secara manual.

Smart phone

Telepon dengan fitur tambahan yang canggih, misalnya kemampuan untuk mengirim e-mail, akses ke Internet, kamera, dan perekam video, pemindai suara, dan lain-lain. Jenis telepon ini mulai marak sekitar tahun 1990-an.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: